Senin, 18 April 2011

Berbagi Ilmu Tips Microsoft Excel 2 : Membuat Nomor “Registrasi” Muncul Secara Otomatis

Mungkin membuat nomor secara otomatis yang pada “umumnya” adalah hal yang sudah biasa dan lazim digunakan oleh siapapun, misalkan ketika nomor awalnya 1 sudah pasti kebawahnya akan menjadi 2,3 dan seterusnya dan untuk membuat itu muncul secara otomatis bisa dengan beberapa cara yaitu :

* Dengan membuat rumus yaitu =cell(nomor satu berada)+1 atau
* Dengan membuat nomor lanjutannya yaitu angka 2 (dua) kemudian antara nomor 1 dan 2 tersebut kita blok dan ditarik kebawah maka secara ototmatis akan muncul nomor selanjutnya.

Nah sekarang andaikan kita ingin mempunyai nomor khusus artinya ada perpaduan antara Huruf dan Angka dan disini kita tidak mengetikkan lagi nomor tersebut tapi akan muncul secara otomatis ketika kita mengetikkan nama atau lainnya dicell kolom satunya.

Coba perhatikan nomor dibawah ini, anggaplah ini adalah Nomor Registrasi awal yang akan muncul :

CSK1240DH

Kita ingin nomor tersebut muncul tanpa kita perlu mengetikan angka tersebut dan begitupun untuk selanjutnya ….coba anda pikirkan ….

Kalau kita bekerja di Ms. Acces akan menjadi mudah tanpa perlu pake rumus apa-apa, tapi kalau menggunakan Ms. Excel kita perlu menggunakan rumus, tapi rumus tersebut ga ngejelimet justru simple.

Ok sekarang saatnya membuka tabir tersebut hehehehe.

Argument yang kita bangun adalah

“ Jika data yang berada dikolom sebelah kanan kosong maka nomor tidak muncul di kolom sebelah kiri tapi jika terisi maka akan muncl nomor registrasi yang telah ditentukan yaitu CSK1240DH “

Sekarang buat sub judul di Cell A1 dengan Nomor Registrasi dan di Cell B1 dengan Nama.

Kemudian di Cell A2 coba buat rumus :

=IF(ISBLANK(B2),”",”CSK1240DH“)

Perhatikan rumus diatas dengan argument yang kita buat, sama bukan…. Untuk pembuktian coba anda ketikkan sembarang nama bisa nama saya atau nama ganteng saya hehehehe di Cell A2 pasti akan muncul CSK1240DH.

Saya yakin pasti anda tersenyum dengan manisnya jika berhasil hahahahaha. Nah sekarang bagaimana caranya untuk bisa membuat nomor lanjutan dari nomor yang sudah ada sebelumnya yaitu CSK1240DH, dan jika dengan membuat rumus (=cellxx+1) yang ada pasti error atau dengan cara lainnya pasti larinya manual.

HHhhmmm saya kasih kesempatan anda berpikir….

Jika anda puyeng…sama dengan saya hehehehe eiitttt…sesuatu itu tidak ada yang susah jika mau berusaha, oke sekarang yang perlu kita lakukan di Cell selanjutnya dalam hal ini Cell A3 adalah dengan membuat argument seperti ini :

“ Jika data di Cell B3 Kosong maka data di Cell A3 juga kosong, tapi jika terisi suatu kata maka nomor yang muncul adalah nomor selanjutnya dari nomor yang sudah ada. “

Nah disini kita harus memecah terlebih dahulu antara huruf dan angka dengan cara memilah tapi hasilnya tetap utuh dengan pola yang sudah ada, sekarang perhatikan nomor registrasi yang sudah muncul sebelumnya :

CSK1240DH

Disini yang kita pisahkan yaitu CSK, 1240, dan DH, jadi rumus yang kita dapat adalah :

=LEFT(A2,3) untuk mendapatkan CSK, artinya 3 nilai dari sebelah kiri

=MID(A3,4,4) untuk mendapatkan 1240, artinya 4 nilai dari nilai yang terletak ditengah (angka/huruf dimulai dari urutan ke 4)

=RIGHT(A2,2) untuk mendapatkan DH, artinya 2 nilai dari sebelah kanan

Bisa dimengerti, jika sudah berarti kita sudah berjalan 75% untuk membuat kesatuan rumus yang sebenarnya, disini kita fokuskan ke nilai yang sudah ada yaitu 1240 jadi untuk mendapatkan tambahan 1 (satu) angka maka hal yang perlu kita lakukan adalah dengan menambahkan +1 jadi hasilnya seperti ini :

=MID(A2,4,4)+1

Sip berarti kita sudah bisa memecahkan rumus untuk memunculkan angka selanjutnya, dan jika rumus tersebut kita satukan maka menjadi :

=LEFT(A2,3)&MID(A2,4,4)+1&RIGHT(A2,2)

Apakah ini berarti sudah menjawab kasus diatas, ternyata belum karena ada argument yang belum bisa dipenuhi yaitu

Jika data di Cell B3 Kosong maka data di Cell A3 juga kosong

Jika sudah begitu maka di Cell A3, rumus yang kita bangun secara lengkap adalah :

=IF(ISBLANK(B3),”",(LEFT(A2,3)&MID(A2,4,4)+1&RIGHT(A2,2)))

Coba anda buktikan dengan mengetikkan nama anda di Cell B3, maka hasilnya adalah

CSK1241DH

Dan selanjutnya anda tinggal mencopy paste rumus diatas kebawah maka jika anda menggetikkan nama selanjutnya sudah bisa dipastikan Nomor Registrasi akan muncul secara otomatis.

Jadi kita hanya perlu mengisi data cukup di Kolom B tanpa perlu susah payah mengetikkan Nomor yang berada di kolom A.

Selamat mencoba… dan Insya Allah nanti akan kita variasi tidak dengan mengetikan nama tapi dengan tanggal maka yang kita harapkan nomor tersebut muncul dengan nama bulan dalam huruf romawi.

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar